Back To Normal

Subscribe To Our E-Mail Newsletter

Minggu, 01 Maret 2015

Wedding Preparation : Hunting Kain dan Penjahit


Couch ModePrint It

Setelah sekian lama gag posting apaun dikarenakan sibuk kejar target menyelesaikan kuliah yang harus segera di selesaikan, kali ini mau posting mengenai persiapan pernikahan. :)



Dikarenakan selama ini senang sekali blog walking ke wedding preparation blog dan sangat terbantu dengan postingan blogger-blogger itu soal persiapan pernikahan mereka jadinya aku juga kepengen nge-share tentang persiapan yang aku lakukan, semoga bisa memberi manfaat dan referansi untuk yang baca. Apalagai selama blog walking di wedding blog lain belum pernah nemu blogger dari Jambi, jadi untuk cari referensi seperti tukang jahit, toko kain, dll soal pernikahan untuk daerah Jambi aku sedikit kesulitan, jadi aku harap postingan-postingan ku ini bisa sedikit jadi referensi bagi teman-teman yang ada di Jambi terutama yang budget nya terbatas ^_^
Dari awal memang rencananya acara pernikahanku dengan Mr.A akan sederhana saja terlebih lagi karena akan diadakan di desa kediaman orang tuaku dan acaranya juga di rumah bukan di gedung jadi semua persiapannya gag bisa dibandingin dengan blogger lain yang acaranya "wah" yaa hehehehe.
Sekarang udah memasuki 5 bulan menjelang hari H dan aku baru mulai mau cari kain dan penjahit untuk baju akad padahal kalau ngikutin checklist dari weddingku harusnya udah pesan dari 8 bulan menjelang hari H,daku terlambat, hehehhe . Untuk baju akad dari dulu aku memang ingin sekali untuk bikin bukan sewa karena aku ingin ada usaha aku disana mulai dari cari penjahit, cari kain, nentuin model dan sebagainya. Kalau kebanyakan orang memilih baju untuk akad itu pakai kebaya aku justru tidak ingin pakai kebaya karena dari yang aku lihat kebaya itu kebanyakan terlalu ngepas di badan, untuk badan ku yg petite aku ngerasa ga pantes pakai kebaya, kelihatan makin kecil :( Waktu lihat baju pernikahannya kak siti juwariyah yang di post di blognya aku langsung niat dalam hati kalau aku nikah nanti aku mau pakai baju model gitu, padahal waktu itu belum ada rencana untuk nikah :D Kayaknya kalau pakai baju model gitu bisa bikin kelihat sedikit berisi :) Ahhh, aku benar-benar jatuh cinta dengan model bajunya :)
Bajunya kak siti itu seperti ini 
foto di ambil dari blog nya kak siti juwariyah

Model nya aja sih yang pengen aku ikutin karena kalau ngikutin detail-detailnya rasanya diluar kemampuan, karena detailnya itu sepertinya pakai batu dan payet yang mahal harganya, gag mungkin diikutin dengan budget ku yg terbatas :D Jadi rencananya nanti aku pakai lace timbul atau tile motif aja untuk bikin detail di bajunya.

Sebelum cari bahan aku pergi ke tukang jahit dulu untuk tanya-tanya soal ongkos jahit dan bahan apa aja yang aku perlukan karena aku gag ngerti bahan takutnya nanti kalau beli bahan dulu malah gag sesuai dengan model yang ku inginkan. Jadi pergilah aku bareng temen baikku dari SMA namanya rhizka, dia juga lagi sibuk nyiapin pernikahannya yang tinggal beberapa bulan lagi. Hari itu dia juga mau ke toko batik Family Jaya untuk beli tambahan seragam keluarga.

Pertama ke penjahit "Modelita" lokasinya di depan polda, ini dapat rekomendasi dari 2 orang temanku yang jahit kebaya buat wisuda, dia jahit kebaya disana cuma kena 350rb aja. Sampai disana tanya-tanya kalau jahit model gitu kena berapa ?. Jadilah dia bilang kalau untuk perempuan ongkos jahitnya 450rb tanpa payet dan untuk laki-lakinya 400rb, oke lah masih masuk budget langsung tanya-tanya bahan apa aja yang dibutuhkan. Disarankan sama tante penjahitnya beli bahan untuk dress cewe nya roberto cavali 4m, tile polos 4m, tile motif timbul untuk ditempel-tempel sebagai pengganti detail di bajunya 2,5 m. Trus untuk baju Mr.A butuh bahan bridal 4m karena badan Mr.A sedikit gemuk :D.

Setelah dari modelita temenku rhizka ngajak ke tukang jahit langganannya di dekat HI namanya mba Lina. Tanya-tanya di mba Lina jahit baju model gitu sekitar 750rb untuk cewe, 600 ribu untuk cowonya. Masih lebih mahal dari modelita dan aku juga ngerasa lebih nyaman ke tante di modelita karena aku rasa tante nya langsung paham apa yang aku mau, kalau di mba Lina masih kurang meyakinkan, maaf mba Lina. :)

Abis dari mba Lina langsung cari bahan ke pasar simpang bata, sebenarnya tante di modelita nyaranin cari bahannya di toko Indonesia karena disana lengkap tapi kata temanku,rhizka disana harganya sedikit lebih mahal, jadi lah kita mutar-mutar dulu di toko sekitar simpang bata sekalian ke toko batik Family Jaya beli seragam untuk keluarganya rhizka. Ternyata di toko kain sekitar simpang bata gag ada yang jual kain roberto cavali dan tile polos adanya bahan-bahan tile atau brokat untuk kebaya. Kata mba-mba penjaga toko di sana bahan roberto cavali dan tile cuma ada di toko Indonesia. Bisa dibayangkan kan gimana kota kecil ku ini, bahan itu aja yang jual cuma 1 toko, hadehh. 

Cuss langsung ke toko Indonesia yang letaknya di depan Novita Hotel ( dulunya Novotel ) , sampai disana keliling-keling nemu yang kita mau. Di indonesia ini harga pass, gag bisa ditawar-tawar :(.  Lumayan susah juga nyari tile motif timbul warna dusty pink seperti yang aku pengen, kalaupun ada hargany mahal, setelah ngubek-ngubek akhirnya nemu 1 walaupun gag begitu sesuai dengan yang aku mau tetapi gag apa lah dari pada gag nemu sama sekali, mana harganya lumayan mahal lagi menurut ku. Jadi yang tadinya disaran kan beli tile motif 2,5m lantaran budget minim aku cuma beli tile motif dusty pink 1m dan tile motif warna putih 0.5 m. Dua-duanya sudah berpayet sengaja pilih yang udah berpayet biar gag kena biaya payet lagi. Mudah-mudahan aja cukup 1,5 m aja tile motif nya :D  Ini rincian belanjaan di Toko Indonesia
Buat aku
- Roberto cavali putih  4 m x @40.000 = 160.000
- Tile polos putih 4 m x @ 20.000 = 80.000
-  Tile motif dusty pink 1 m @ 600.000 diskon 10% = 540.000 dari semua belanjaan cuma 1 ini yang dapat diskon itupun cuma 10% :( 
- Tile motif putih 0,5 m x @ 400.000 = 200.000
Buat Mr. A
- Kain bridal 4m x @50.000 = 200.000
Total semua 1.180.000 :(

Sayang banget karena udah kelelahan gag sempet foto kainnya, setelah diserahkan ketukang jahit malah kebayang-bayang pengen lihat itu kain. Harus sabar nunggu jadi :D

Pas balik lagi ke tukang jahit serahin semua kain ternyata mungkin tante itu baru sadar kalau baju yang aku mau sedikit rumit pembuatannya tante  itu bilang kalau baju cewenya jadi 500rb dari 450rb harga yang dia kasih di awal dan baju cowo jadi 600rb dari harga 400rb dari harga yang udah dia kasih diawal, lumayan banget nih naik harganya, katanya kalau 400rb jahit aja tanpa bordir, jadi 600rb dengan bordir + dibikinin topi juga. Udah excited di awal dapat ongkis jahit murah ternyata pas balik lagi malah naik tapi setelah naik harganya masih lebih murah sih dibanding dengan di mba Lina dan juga aku udah terlanjur sreg dengan si tante, jadi yaudah lah tak apa pasrah aja, upah jahitnya jadi 1.100.000 untuk sepasang baju, masih termasuk murah lah ya ? hahaha cari pembelaan :D Mudah-mudahan gag ada tambahan biaya lagi setelah jadi nanti :)

Urusan jahit baju kelar, tinggal nunggu bajunya jadi. Udah gag sabar mau lihat hasil jadinya sampe kebawa mimpi tadi malam :D Semoga aja hasilnya seperti yang aku harapkan :)

Click Here For Smileys :D
:D
:)
:[
;)
:D
:O
(6)
(A)
:'(
:|
:o)
8)
(K)
(M)

2 komentar:

  1. Kak... bahan roberto cavali tuh tekstur bahan ny gmna kak?..

    BalasHapus
  2. 3D titanium element art - TITIAN ART - TITIAN ART
    I titanium nipple rings also do for tube supplier a game titanium rods like TOTO: The titanium bolt Adventures of Toto. The game titanium pan is a fairly new addition to the gaming landscape

    BalasHapus