Back To Normal

Subscribe To Our E-Mail Newsletter

Minggu, 02 September 2012

Contoh RPP Unsur-unsur Tabung,Kerucut dan Bola


Couch ModePrint It



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah        :  SMP N 10 Kota Jambi
Mata Pelajaran        : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     : IX / 1 (Ganjil)

STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami sifat – sifat tabung, kerucut, dan bola serta
menentukan ukurannya.
KOMPETENSI DASAR      : 2.1. Mengidentifikasi unsur – unsur tabung, kerucut dan bola
ALOKASI WAKTU             : 2 Jam Pelajaran ( 2 x 40 menit )

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai pembelajaran peserta didik diharap dapat :
Menyebutkan unsur – unsur dari tabung , kerucut dan bola : jari-jari, diameter, tinggi, sisi, alas

v  Karakter siswa yang diharapkan :             Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. MATERI PEMBELAJARAN
Tabung,kerucut dan bola

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2. Metode Pembelajaran : Ekspositori, Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
- Orientasi : Guru memastikan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran
- Apersepsi : Peserta didik diajak untuk memperhatikan bangun ruang yang terdapat di sekitar tempat pembelajaran.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
3. Guru menyampaikan bahwa materi Tabung, Kerucut dan Bola sangat banyak   manfaatnya dalam kegidupansehari-hari.

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
o   Peserta didik diberikan lembar kerja, model tabung,kerucut dan bola
o   Peserta didik diajak untuk memperhatikan model tabung,kerucut dan bola
o   Guru menjelaskan cara mengisi lembar kerja


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·        Peserta didik dipersilahkan bertanya mengenai lembar kerja yang diberikan
·        Jika peserta didik sudah jelas atas tugas yang diberikan peserta didik dipersilahkan mengisi lembar kerja yang diberikan
·        Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·        Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·        Guru bersama peserta didik membahas lembar kerja yang diberikan
·        Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·        Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·        Guru  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·        Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Peserta didik dengan dibantu guru membuat kesimpulan dari materi
F  Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E. SUMBER PEMBELAJARAN
Lingkungan
       Berlogika dengan Matematika 3 untuk kelas IX
LKS
Sumber lain yang relevan

F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Menyebutkan unsur-unsur: jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola

Tes tertulis
Uraian





a. Arsirlah alas kerucut
b.Gambarlah tinggi kerucut
                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMP N 10 Kota Jambi



(      WARSITO,M.Pd      )
           NIP : 196202261986011001                              

Jambi, Juli 2012
Guru Mapel Matematika.



( FEBRISKA )
                      



Lampiran :
Lembar Kerja Siswa ( LKS )
Unsur-Unsur Tabung, Kerucut Dan Bola
I. Wacana
Tabung, kerucut dan Bola termasuk di dalam jenis Bangun Ruang Sisi Lengkung. Kita dapat menelusuri
untuk menemukan unsur-unsur Tabung, Kerucut dan Bola.

II. Langkah-Langkah
1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan di meja kelompok kalian masing-masing !
2. Amati da cermati model-model Tabung, Kerucut dan Bola yang ada di meja kalian masing-masing !
3. Perhatikan gambar Tabung, Kerucut dan Bola yang ada di papan tulis di depan !
4. Jawablah dan isilah titik-titik pada soal di bawah !

III. Soal
1. Tabung
a. Garis OA disebut sebagai ...
b. Garis AB disebut sebagai ...
c. Garis OT disebut sebagai ...
d. Belahlah model Tabung menurut garis lingkaran O dan lingkaran T serta menurut garis AC!
Pembelahan yang kalian lakukan menghasilkan :
2 bangun datar yang berbentuk ...disebut sebagai ...tabung
Dan 1 bangun datar berbentuk ... disebut sebagai ...tabung.
Jadi Tabung mempunyai ...sisi, yaitu ..., ... dan ...

2. Kerucut
a. Garis OA disebut sebagai ...
b. Garis AB disebut sebagai ...
c. Garis OT disebut sebagai ...
d. Belahlah model Kerucut menurut garis lingkaran O
Pembelahan yang kalian lakukan menghasilkan :
1 bangun datar yang berbentuk ...disebut sebagai ...kerucut
Dan 1 bangun datar berbentuk ... disebut sebagai ...kerucut.
Jadi Kerucut mempunyai ...sisi, yaitu ... dan ...

3. Bola
Bagaimana dengan Bola? Unsur-unsur apa saja yang dimiliki oleh Bola? Diskusikan bersama-sama dan laporkan hasilnya didepan kelas !


Click Here For Smileys :D
:D
:)
:[
;)
:D
:O
(6)
(A)
:'(
:|
:o)
8)
(K)
(M)

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar