RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SMP N 10 Kota Jambi
Mata Pelajaran :
Matematika

STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami
sifat – sifat tabung, kerucut, dan bola serta
menentukan ukurannya.
KOMPETENSI DASAR : 2.1. Mengidentifikasi unsur – unsur tabung, kerucut
dan bola
ALOKASI WAKTU : 2 Jam Pelajaran ( 2 x 40 menit )
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah selesai
pembelajaran peserta didik diharap dapat :
Menyebutkan unsur –
unsur dari tabung , kerucut dan bola : jari-jari, diameter, tinggi, sisi, alas
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Tabung,kerucut dan
bola
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran
: Pembelajaran kooperatif
2. Metode Pembelajaran
: Ekspositori, Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
- Orientasi : Guru memastikan
kesiapan siswa dalam menerima pelajaran
- Apersepsi : Peserta didik diajak untuk
memperhatikan bangun ruang yang terdapat di sekitar tempat pembelajaran.
- Motivasi : 1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan
digunakan
3. Guru menyampaikan bahwa materi Tabung,
Kerucut dan Bola sangat banyak manfaatnya
dalam kegidupansehari-hari.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
o
Peserta didik
diberikan lembar kerja, model tabung,kerucut dan bola
o
Peserta didik
diajak untuk memperhatikan model tabung,kerucut dan bola
o
Guru menjelaskan
cara mengisi lembar kerja
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·
Peserta didik
dipersilahkan bertanya mengenai lembar kerja yang diberikan
·
Jika peserta
didik sudah jelas atas tugas yang diberikan peserta didik dipersilahkan mengisi
lembar kerja yang diberikan
·
Guru memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·
Guru memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bersama
peserta didik membahas lembar kerja yang diberikan
·
Guru memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
·
Guru memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
Guru memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Peserta didik dengan dibantu guru membuat kesimpulan
dari materi
F Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E. SUMBER
PEMBELAJARAN
Lingkungan
Berlogika dengan Matematika 3 untuk
kelas IX
LKS
Sumber lain yang
relevan
F. PENILAIAN HASIL
BELAJAR
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menyebutkan
unsur-unsur: jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung, kerucut dan
bola
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
![]()
a. Arsirlah alas kerucut
b.Gambarlah tinggi
kerucut
|
Mengetahui,
Kepala SMP N 10 Kota Jambi
(
WARSITO,M.Pd )
NIP : 196202261986011001
|
|
Jambi, Juli 2012
Guru Mapel Matematika.
( FEBRISKA )
|
Lampiran :
Lembar Kerja Siswa ( LKS )
Unsur-Unsur Tabung, Kerucut
Dan Bola
I. Wacana
Tabung, kerucut dan Bola termasuk di dalam jenis
Bangun Ruang Sisi Lengkung. Kita dapat menelusuri
untuk menemukan unsur-unsur Tabung, Kerucut dan Bola.
II. Langkah-Langkah
1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
di meja kelompok kalian masing-masing !
2. Amati da cermati model-model Tabung,
Kerucut dan Bola yang ada di meja kalian masing-masing !
3. Perhatikan gambar Tabung, Kerucut dan
Bola yang ada di papan tulis di depan !
4. Jawablah dan isilah titik-titik pada
soal di bawah !
III. Soal
1. Tabung
a. Garis OA disebut sebagai ...
b. Garis AB disebut sebagai ...
c. Garis OT disebut sebagai ...
d. Belahlah model Tabung menurut garis
lingkaran O dan lingkaran T serta menurut garis AC!
Pembelahan yang kalian lakukan menghasilkan :
2 bangun datar yang berbentuk ...disebut sebagai
...tabung
Dan 1 bangun datar berbentuk ... disebut sebagai
...tabung.
Jadi Tabung mempunyai ...sisi, yaitu ..., ... dan ...
2. Kerucut
a. Garis OA disebut sebagai ...
b. Garis AB disebut sebagai ...
c. Garis OT disebut sebagai ...
d. Belahlah model Kerucut menurut garis
lingkaran O
Pembelahan yang kalian lakukan
menghasilkan :
1 bangun datar yang berbentuk ...disebut
sebagai ...kerucut
Dan 1 bangun datar berbentuk ... disebut
sebagai ...kerucut.
Jadi Kerucut mempunyai ...sisi, yaitu ...
dan ...
3. Bola
Bagaimana dengan Bola? Unsur-unsur apa saja yang
dimiliki oleh Bola? Diskusikan bersama-sama dan laporkan hasilnya didepan kelas
!